Langsung ke konten utama

Maksimalkan Kamera HPmu


Hadeh, penyakit males emang luar biasa mematikan. Dalam hal ini soal nulis. Udah lama banget ndak nulis gegara males, akibatnya tangan serasa tumpul, otak geser ke dengkul, susah memulai lagi. Yah, tapi jujur rasa kangen nulis masih sering muncul.
Ok ! : D

Kita tahu bahwa teknologi smartphone telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satunya dalam hal kamera. Jika dibandingkan dengan ponsel dulu, rata rata hanya dibekali kamera beresolusi VGA - 2MP. Fiturnyapun masih sangat standar. Berbeda dengan ponsel sekarang yang rata rata sudah dibekali kamera beresolusi 8MP tentunya dengan beragam fitur canggih, bahkan beberapa ponsel high end ada yang sudah mengusung kamera berkekuatan 20MP - 40MP, setara bahkan lebih besar dari kamera SLR. Namun tetap saja, secanggih apapun kamera ponsel itu ada beberapa hal yang tidak mampu dilakukan layaknya kamera SLR. Nah, buat kita yang suka fotografi tapi terbatas pada kamera ponsel saja, bisa menggunakan beberapa aksesori tambahan ini, setidaknya bisa sedikit menutupi kelemahan kamera ponsel kita. Apa aja?

1. Lensa tele/telezoom

mobile-telezoom.jpg


Lensa ini akan merubah taste ponsel kita layaknya kamera SLR. Sesuai namanya, lensa ini digunakan untuk memperdekat (memperbesar) objek yang akan kita foto atau untuk foto jarak jauh. Namun jangan salah, fitur pembesaran yang digunakan adalah optical zoom, bukan digital zoom yang mana akan menurunkan kualitas gambar yang diambil sehingga gambar terlihat pecah. Nah, dengan lensa ini kita dapat melakukan zoom optik, yang mana perbesaran dilakukan langsung oleh lensa, sehingga gambar tidak mengalami penurunan kualitas.

telezoom.jpg



Selain zooming, lensa ini juga dapat melakukan fokus manual.

Secara umum, kemampuan fokus kamera pada ponsel dikategorikan menjadi fixed focus dan auto focus. Fixed focus artinya fokus tak terhingga (infinity) meliputi seluruh objek yang tertangkap kamera, sehingga semua objek baik yang dekat maupun jauh akan terlihat sama fokus. Jarak fokus efisiennya biasanya di atas 1m.

Auto focus artinya kemampuan kamera melakukan fokus pada objek tertentu sesuai titik fokus yang dipilih, sehingga objek yang berada pada titik fokus akan terlihat jelas, sementara objek lain akan terlihat blur. Ponsel yang ber-auto fokus biasanya juga terdapat macro focus, fungsi keduanya sama, hanya saja macro focus lebih dikhususkan untuk mengambil gambar jarak dekat. Namun perlu diingat ya, kemampuan auto/macro focus pada ponsel hanya akan bekerja secara efektif pada jarak -/+ 10cm.

Ponsel ber-fixed focus tidak dapat melakukan auto focus, sebaliknya ponsel ber-auto focus akan dapat melakukan fixed focus.
Nah terus apa hubungannya? dengan lensa ini baik ponsel yang ber fixed focus maupun auto focus sama sama dapat melakukan manual focus seperti kamera SLR. Pada body lensa ini terdapat ring untuk mengatur focus secara manual. Hasilnya kita bisa menghasilkan efek bokeh (blur) diluar kemampuan kamera ponsel pada umumnya.

seorang-ibu.jpg



2. Universal 3 in 1 Clip Lens

3-in-1-clip-on-wide-angle.jpg



1. Macro Lens.
Lensa ini akan membuat kamera ponsel kita sedikit mirip kaca pembesar. Bila fitur fokus makro bawaan pada ponsel bekerja efisien pada jarak -/+10cm, maka dengan lensa ini berubah menjadi -/+1cm saja, sangat dekat, sedekat hati kita berdua. Ahahah.

macro.jpg



2. Wide Lens.
Wide artinya lebar atau luas. Fungsinya untuk memperluas bidang tangkap kamera kita dengan sedikit efek zoom out. Lensa ini cocok untuk kita yang suka foto landscape (pemandangan), atau bisa juga buat selfi rame rame tanpa takut ada yang kepotong frame/ndak ketangkap kamera.

wide-lens.jpg



3. Fish Eye Lens.
Fish Eye artinya mata ikan. Yap, seperti itulah efek yang akan dihasilkan lensa ini.

fish-eye.jpg



Gimana? Tertarik untuk mencoba??
Semoga bermanfaat : )

Komentar

  1. Untuk no urut yang ke-2 dan ke-3 aku pernah lihat milik teman dikelasku yang juga jago banget soal foto-foto dan video.

    BalasHapus
  2. Rusminah Qumainah2 April 2016 pukul 00.12

    Wah, sama banget ksyak saya, malesnya tibgjat kronis sudah

    Memang hape bisa dipasangi alat 2 semcm itu?
    Saya suka juga memotret pemandangan pake hape, kamerax cuma 5 mega pixel aja tapix.

    BalasHapus
  3. hadeh, kalu ndak bisa mana mungkin saya nulis ini. 5mp sudah sangat lumayan bund : )

    BalasHapus
  4. Kamera pada hp pasti jd fitur terpenting bagi yang narsis dan suka selfie... kalau saya cukup kamera bawaan hp aja deh... udh ok, toh kalo bagus2 kameranya makin keliatan jeleknya... wkwkwk

    semangka kang....

    BalasHapus
  5. @Zetya, saya suka jeprat jepret, tp bukan
    selfie. jadi ndak masalah, jeleknya ndak
    bakal keliatan : )

    BalasHapus
  6. dukh.. kerennn jdi pengen nie.... nyari akh

    BalasHapus
  7. devi kalo lagi traveling bawa itu slr tapi kalo keadaan darurat yah langsung ambil hp lalu cekrek2 dikit :)

    BalasHapus
  8. ID Movies Download Film Full Movie3 April 2016 pukul 19.55

    Mantap tuh.

    BalasHapus
  9. terlihat keren, tp maaih bagusan slr nya. haha

    BalasHapus
  10. Harganya kayaknya muhal yo pak?

    BalasHapus
  11. @kang mus, iyalah : )
    @atep, untuk 3in1 clip lens, sepaket skitar 50rb-an dapat 3 lensa. untuk telezoom (8x) berkisar 100rb-180rb-an.

    BalasHapus
  12. Komunitas Jurnalistik Indonesia4 April 2016 pukul 18.03

    Sebenarnya menggunakan Camera Handphone lebih efisien dan hasilnya bagus kalo kita bisa memaksimalkan cara memotretnya. Tentunya hasil yang bagus harus punya seni kalopun kamerannya bagus.

    BalasHapus
  13. beberapa sudah pernah saya lakukan. tapi kalo mata ikan kayaknya belum deh

    BalasHapus
  14. hadir lagi kang,,, masih setia sama jeprat jepretnya ya... saya ikutan deh kalo jeprat jepret nonselfie ... supaya jeleknya gak keliatan... wkwkwk

    BalasHapus
  15. ane ngga pernah pasang lensa macem2 di hp gan, kalo mau macro sih biasanya puter lensa kamera hp / tetesin kaca kamera pakai air :D

    BalasHapus
  16. Sæfυl Hidɑуɑt7 April 2016 pukul 06.20

    nyimak sob!
    kreen postingannnya!
    sangt hidup dan berwarna.
    nilai kreatifitas nyaa tinggi :D :D
    aku sedikit belajar dari blog ini! :D :D :idea:
    pokonya like !
    klo tak keberatan dan tak sibuk.
    main... yaa :D :D
    itung itung travel malam!
    pamit dulu sobz

    BalasHapus
  17. Aji Symbianers Cukil10 April 2016 pukul 18.25

    Saya senang macro ..salam s60'ers

    BalasHapus
  18. wew bagus banget triknya gan, patut di contoh :D

    BalasHapus
  19. Tiara agnesi windari14 Juli 2016 pukul 16.20

    Keren postnya gan...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu - Syiir Tanpo Waton (GUSDUR)

Assalamu'alaikum wr. wb.. Berhubung saya termasuk pecinta lagu sholawat, kali ini saya ingin berbagi lirik lagu Syiir tanpo Waton.. Yups, sholawat ini dinyanyikan oleh almarhum Gusdur. Sholawat ini sempat populer dalam beberapa waktu yang lalu, bahkan saya sendiri sering menyanyikannya sob, baik ketika Marhabanan, Rotiban, maupun disekolah pas ada jam kosong.. Lagu ini mengandung pesan-pesan moral yang perlu kita ketahui.. Sudah pada taukan? Yang belum tau, disimak sob ! Syiir tanpo Waton Ngawiti ingsun, nglaras syiiran.. Kelawan muji maring Pengeran.. Kang paring rohmat lan kenikmatan.. Rino wengine tanpo pitungan..2x Duh bolo konco, priyo wanito.. Ojo mung ngaji syareat bloko.. Gur pinter ndongeng nulis lan moco.. Tembe mburine bakal sengsoro..2x Akeh kang apal, Qur'an Haditse.. Seneng ngafirke marang liyane.. Kafire dewe dak digatekke.. Yen isih kotor ati akale..2x Gampang kabujuk, nafsu angkoro.. Ing pepaese gebyare ndunyo.. Iri lan meri sugihe tonggo.. Mulo atine peteng la

Cinta Yang Tulus Itu Seperti Apa?

Assalamu'alaikum Warahmatullahita'ala Wabarakatuh.. Hai sahabat, lama tak jumpa,, apa kabarnya? Semoga senantiasa baik disana. Ammin.. :-) Hm,, Blognya sepi seperti tiada arti.. Hahah, maklum saya bentar lagi mau menghadapi UN, jadi untuk sementara waktu, rumah ini tak tinggal. Toh liat, udah pada berdebu, banyak sarang laba2nya jugak, belum tak bersihin. Haha.. :mrgreen: so, maaf untuk ketidaknyamanannya.. :mrgreen: Sahabat, seperti apa yang sedang saya rasakan, pada kesempatan kali ini saya ingin menuangkan uneg2 saya tentang Cinta.. cie...cie......ehem!!! Kayaknya ada yang lagi falling in love nih.. :mrgreen: Haha, soal Cinta, iya soal Cinta... :-) Cinta Yang Tulus Sahabat, pernahkah terlintas pertanyaan seperti.., "Sudahkah aku mencintai dia dengan tulus?" pernah? By the way, Seperti apa sih cinta yang tulus itu? Terkadang, ada wanita yang menerima cinta dari seorang pria karena merasa kasihan, kasihan dengan si pria yang udah berjuang mati-matian demi mendapatkan

Cara Unlocking SE (Sony Ericsson) with XS++

Assalamu'alaikum wr. wb.. apa kabar teman? semoga baik saja.. :-) kali ini syahril's Mobile Blog ingin berbagi sedikit ilmu modding hp SE. ya.. meskipun sudah banyak yang tau. karena tutorial ini memang sudah terpublikasi sejak dulu. tapi tak apalah, buat belajar nulis artikel. siapa tau masih ada belum ngerti. langsung saja Cara unlocking SE (Sony Ericsson) with XS++ Tutorial ini khusus untuk handphone SE dengan cid52 kebawah karena masih menggunakan XS++. cid hp SE sobat dapat diketahui setelah sobat berhasil menghubungkan hp SE sobat ke XS++. dan untuk mengetahui berapa db20xx hp SE sobat, caranya tekan tombol kanan -> bintang -> kiri2x -> bintang -> kiri -> bintang pilih software info. sekarang cara mengUnlock hp SE sobat. pertama download dulu aplikasinya XS++ 3.2.rar ekstrack file tersebut menjadi XS++ 3.2.exe dan install di pc sobat. jangan lupa juga install usb flash drivernya. USB flash driver.zip setelah kedua aplikasi tersebut terinstall, siapkan kab