Langsung ke konten utama

I Like Photography : Jeprat Jepret Foto

Hai, apa kabar? lama tak jumpa, semoga baik di sana..

I Like Photography : Jeprat Jepret Foto


Sepanjang hidup saya menemui banyak sekali hal menarik, saya pikir itu perlu di dokumentasikan. Saya terdiam sejenak untuk berfikir bagaimana cara mendokumentasikannya, maka seni fotografi lah cara terbaik menurut saya, simple tapi menarik. Lewat sebuah gambar/foto, kita bisa melihat sama persis kejadian sekarang pada 10 tahun yang akan datang. Bukan hanya bisa dilihat dan dinikmati dengan mata, sebuah gambar seni fotografi juga dapat bercerita tentang peristiwa lampau. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba sedikit bercerita tentang hobi saya jeprat jepret foto (fotografi), tapi bukan foto selfie ya, apalagi selfie berujung maut kayak selfie di rel kereta api misalnya, udah tau keretanya mau lewat elu malah narsis di depannya, yang ada bukan foto selfi, tapi foto persiapan mati (foto sampul Yasin) haha.. Buat yang suka narsis, sebaiknya hindari selfi yang satu ini deh..

Untuk memenuhi kebutuhan para fotografer, saat ini berbagai jenis kamera telah beredar di seluruh penjuru dunia, mulai dari kamera mirroreles, SLR/DSLR, kamera saku, kamera digital, hingga kamera ponsel yang umumnya lebih dikhususkan buat kita yang suka bernarsis ria atau sekedar jeprat-jepret tapi gak mau repot bawanya seperti kamera dslr yang berbodi bongsor. Nah, kira-kira saya pake yang mana ya? Jreeeng.. Darah muda, jreng jreng jreng.. darahnya para remaja.. Haduh, kok malah nyanyi lagunya bang haji si? Wkwk..

U1i aka Satio dengan resolusi kamera 12 megapiksel, sebuah ponsel jadul keluaran tahun 2009 dengan brand ''Sony Ericsson" ini menjadi pilihan saya menggeluti seni fotografi setelah sebelumnya menggunakan seri walkman, w995 aka Hikaru yang berkekuatan 8 megapiksel. Ya, vendor hp satu ini memang selalu menyajikan fitur kamera terbaik di kelasnya (menurut saya). Oh iya, karena menggunakan kamera ponsel, saya sering menyebutnya ''mobile photography". Maklum, belum cukup uang untuk beli yang lebih tjanggih macam DSLR, hihi..

Meski hanya berbekal ponsel jadul plus belum android, (hiks..hiks) namun hal itu tidak mematahkan semangat untuk tetap menyukai dan berkarya di bidang fotografi. Beberapa upaya memaksimalkan kemampuan kamera ponsel pun saya lakukan, seperti memodifikasi driver kamera, melepas lens cover, memasang external lens macam tele, macro, wide & fish eye lens dan lain-lain. (akan kita bahas di kesempatan lain, insya allah) Hasilnya saya merasa sedikit pede berbagi foto ke publik, biasanya lewat jejaring sosial facebook. Banyak grup-grup komunitas fotografi yang telah saya susupi. Waduh, kek terorist aja, hihi..

Sekarang sudah tersimpan ribuan foto di gallery. bisa dibilang 99% adalah foto hasil hunting sendiri, dan selebihnya dapat dari teman dan situs pencari terbesar di internet, google.

Itu foto-foto yang terpilih, belum termasuk foto-foto yang dihapus karena kurang bagus atau sekedar untuk melegakan memori yang hampir penuh. Dan belum lagi 500 lebih foto yang terhapus gara-gara ulah kakak saya.

Ndak tau, Setiap hari ada aja hal menarik yang bikin jari telunjuk ini ingin cepet-cepet mencet tombol shutter, baik sekedar iseng-isengan sampai yang seriusan. Apalagi jika ada free time, biasanya saya dedikasikan khusus buat hunfot, misalnya pagi-pagi sepulang kerja shift malam dan waktu luang yang lain. Tak jarang ada panggilan dari teman yang minta untuk difoto. Berkunjung ke suatu tempat dan siap beraksi.
miror-selfi-di-kletak-keb.jpg


Oh iya, saya juga sering menghasilkan foto candid, itu loh, foto yang diambil secara diam-diam tanpa sepengatuan target. Teman-teman saya biasanya menjadi target utama untuk kategori foto ini. Tak sedikit dari mereka merasa kesal atau tertawa setelah saya perlihatkan hasilnya, hehe..
foto-candid-mi-walisongo.jpg


Yah, kurang lebih seperti itu hobi jeprat-jepret saya. Meski demikian, bukan berarti saya meninggalkan aktivitas lain. Sebagai anak muda tapi udah kerja, belum pernah saya mangkir hanya karena jeprat-jepret foto, pdahal banyak teman seperjuangan yang sering mangkir sambil melontarkan godaan mangkir ke arah saya, upss. Tp saya tetap strong kok. Wkwk.. bener-bener karyawan teladan kamu ril. Haha.. Berbagai aktivitas harian dan kegiatan inti lain juga selalu saya ikuti secara rutin.

Nah, sebagai penutup perjumpaan kita kali ini, saya sudah mengupload beberapa foto hasil jepretan saya, ada yang murni tanpa edit ada juga yang sudah melalui proses edit, tapi cuman simple edit kok, karena kembali lagi ke atas, hapenya jadul, tidak ada editor foto yang canggih. Hanya bermain warna RGB, brightness dan contrast. :-)

senja-di-desa-kebontengah.jpg
the-fight-di-kletak-kbt.jpg
bersama-senja.jpg
lalat-pitek.jpg
capung.jpg
bunga-pagi-desa-kebonteng.jpg
nauval-kebontengah.jpg
okta-kebontengah.jpg
arsyad-rizqi.jpg
foto-panning.jpg
selfi-di-kletak-kebonteng.jpg
siluet-selfi-di-kletak-ke.jpg
agustusan-di-kebontengah.jpg
fingers-man.jpg


Dah segitu dulu, gimana menurut kalian? Jelek kan?? Sekian dan terimakasih.. :-)



Tips : Bagi pengguna Opera Mini, untuk melihat gambar ukuran penuh harus menonaktifkan fitur mobile view/tampilan ponsel. Kemudian arahkan kursor pada gambar yang di inginkan, tekan angka 1 lalu pilih "buka gambar". Bagi pengguna hp layar sentuh caranya tekan dan tahan pada gambar, lalu pilih "buka gambar".

Komentar

  1. Walaupun saya kurang faham masalah fotografi tapi karyanya keren sob. sukses

    BalasHapus
  2. Jd ingt tmn saya, ;) hobinya sama ... jeprat-jepret sesukanya, ha ha ....
    Maklum, anak desain grafis katanya..

    Ah, mngenai foto yg trakhir ... bgus jg, mski sdh bnyk foto yg serupa beredar di mbah google :) Semangat brkarya, kawan!

    BalasHapus
  3. DAHLAN SATRIADI PART 215 Oktober 2015 pukul 00.34

    karya yang cukup Menarik sob perlu Dikembangkan tuh..:D

    BalasHapus
  4. Wuiihh.. Kereen. Setuju sama komen di atasku, perlu dikembangkan. Sayang 'kan kalo cuma dibiarin bakatnya yg 'wah' itu. Aku yg gak asal jepret aja morak-marik hasilnya, apalagi kalo asal jepret? Gak kebayang deh ancurnya gimana -_-

    semangART, kawan!

    BalasHapus
  5. Wow, sungguh sangat menarik sekali hasilnya, ayo, kembangkan bakat anda sob.

    BalasHapus
  6. kolesi foto akang, sedep-sedep gimana gitu 8-)

    BalasHapus
  7. Ga jelek koq! Keren!!

    Aku jg suka jepret2, bkn narsis tp moment jg dg siapanya. Betapa berartinya sebuah foto kita bersama orang2 yg kita cintai, apalagi saat orang2 yg ada di foto itu tlah pergi tuk selamanya.

    BalasHapus
  8. Kunjungan kedua di post sobat ini :) Sambil nunggu post terbaru, saya ijin nyimak dulu

    BalasHapus
  9. Wah keren-keren hasilnya, :)

    BalasHapus
  10. Keren loh hasilnya, coba dikembangkan lagi biar tambah bagus :D

    BalasHapus
  11. Keren sob ky udah prof,,bg ny bisa blur gtu y ,sdng kan gambar capung ny jelas hehe

    BalasHapus
  12. terimaksih untuk kunjungannya kawan semua : ) | @amir han, itu namanya foto makro, efek blur pada bg asli bukan edit, termasuk semua efek blur foto di atas murni dan bukan edit : )

    BalasHapus
  13. jujur saja saya ngga begitu ngerti tentang photography tapi menurut saya fotonya bagus bagus walau di ambil pakai kamera ponsel

    BalasHapus
  14. Keren banget jepretannya hehe mantep banget kerenpisan uy

    BalasHapus
  15. Aih. . . Keren keren fotonya. Apalagi yang kacamata itu dan yang berdiri membelakangi (atau menghadap?) matahari.

    Saya jua suka mobile fotografi en masih ngayal bisa punya kamera DSLR canggih.

    Yang pake kamera jadul aja bisa keren fotonya, apalagi kalo pake yang canggih.
    Mau dong, lain kali di share lagi foto-fotonya. Ya ya ya. . . ?

    BalasHapus
  16. Waow kamu punya bakat jadi fotografer sob...

    BalasHapus
  17. keren banget, berbakat kamu gan !!

    BalasHapus
  18. Foto-foto nya keren. Saya juga suka jepret jepret tapi tak sesuka kamu. Benar cuma pakai hp jadul? Kok gambarnya bagus-bagus kayak pakai cenon aja

    BalasHapus
  19. hpnya sony ericsson satio, keluaran tahun 2008/2009nan, jadul kan :-)

    BalasHapus
  20. Wah bagus juga nih hasil jepretannya dan saya tak menyangka hasil2 jepretannya memakai camera hp ya sob? Hasilnya bisa sebagus itu

    BalasHapus
  21. Cosmo membalas komentar anda :
    Syahril : buat soner satio bisa pak??
    Cosmo : Soner Satio-mu bisa install app Bubue DeskClock ngga? Kalo bisa ya berarti juga bisa pakai skin ini :grin:

    BalasHapus
  22. widih..,kameranya kinclong bener...

    BalasHapus
  23. Keren banget postingannya, ayo mampir keblogku sobat

    BalasHapus
  24. Wah saya harus memberikan ucapan selamat nih
    Saya sangat tertarik dengan hasil karya anda
    Semuanya saya suka

    Boleh dong kalau saya simpan satu hahaha

    Ini murni kok emang bagus bukan basa basi, tak di ragukan lagi anda bukan sekedar hoby tapi anda berbakat

    Salam sukses

    BalasHapus
  25. bagus2 hsil jepretnya, good job

    BalasHapus
  26. Kalo saya sukanya dijeprat dan dijepret, kalo jeprat jepret sendiri kurang bagus hihi. GoodJob

    BalasHapus
  27. hoby yang sangat berkelas ..

    BalasHapus
  28. Aji Symbianers Cukil10 April 2016 pukul 18.28

    Nice ya foto nya .pake dslrto ?kalo ane byasanya macro pake hp+lensa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu - Syiir Tanpo Waton (GUSDUR)

Assalamu'alaikum wr. wb.. Berhubung saya termasuk pecinta lagu sholawat, kali ini saya ingin berbagi lirik lagu Syiir tanpo Waton.. Yups, sholawat ini dinyanyikan oleh almarhum Gusdur. Sholawat ini sempat populer dalam beberapa waktu yang lalu, bahkan saya sendiri sering menyanyikannya sob, baik ketika Marhabanan, Rotiban, maupun disekolah pas ada jam kosong.. Lagu ini mengandung pesan-pesan moral yang perlu kita ketahui.. Sudah pada taukan? Yang belum tau, disimak sob ! Syiir tanpo Waton Ngawiti ingsun, nglaras syiiran.. Kelawan muji maring Pengeran.. Kang paring rohmat lan kenikmatan.. Rino wengine tanpo pitungan..2x Duh bolo konco, priyo wanito.. Ojo mung ngaji syareat bloko.. Gur pinter ndongeng nulis lan moco.. Tembe mburine bakal sengsoro..2x Akeh kang apal, Qur'an Haditse.. Seneng ngafirke marang liyane.. Kafire dewe dak digatekke.. Yen isih kotor ati akale..2x Gampang kabujuk, nafsu angkoro.. Ing pepaese gebyare ndunyo.. Iri lan meri sugihe tonggo.. Mulo atine peteng la

Cinta Yang Tulus Itu Seperti Apa?

Assalamu'alaikum Warahmatullahita'ala Wabarakatuh.. Hai sahabat, lama tak jumpa,, apa kabarnya? Semoga senantiasa baik disana. Ammin.. :-) Hm,, Blognya sepi seperti tiada arti.. Hahah, maklum saya bentar lagi mau menghadapi UN, jadi untuk sementara waktu, rumah ini tak tinggal. Toh liat, udah pada berdebu, banyak sarang laba2nya jugak, belum tak bersihin. Haha.. :mrgreen: so, maaf untuk ketidaknyamanannya.. :mrgreen: Sahabat, seperti apa yang sedang saya rasakan, pada kesempatan kali ini saya ingin menuangkan uneg2 saya tentang Cinta.. cie...cie......ehem!!! Kayaknya ada yang lagi falling in love nih.. :mrgreen: Haha, soal Cinta, iya soal Cinta... :-) Cinta Yang Tulus Sahabat, pernahkah terlintas pertanyaan seperti.., "Sudahkah aku mencintai dia dengan tulus?" pernah? By the way, Seperti apa sih cinta yang tulus itu? Terkadang, ada wanita yang menerima cinta dari seorang pria karena merasa kasihan, kasihan dengan si pria yang udah berjuang mati-matian demi mendapatkan

Cara Unlocking SE (Sony Ericsson) with XS++

Assalamu'alaikum wr. wb.. apa kabar teman? semoga baik saja.. :-) kali ini syahril's Mobile Blog ingin berbagi sedikit ilmu modding hp SE. ya.. meskipun sudah banyak yang tau. karena tutorial ini memang sudah terpublikasi sejak dulu. tapi tak apalah, buat belajar nulis artikel. siapa tau masih ada belum ngerti. langsung saja Cara unlocking SE (Sony Ericsson) with XS++ Tutorial ini khusus untuk handphone SE dengan cid52 kebawah karena masih menggunakan XS++. cid hp SE sobat dapat diketahui setelah sobat berhasil menghubungkan hp SE sobat ke XS++. dan untuk mengetahui berapa db20xx hp SE sobat, caranya tekan tombol kanan -> bintang -> kiri2x -> bintang -> kiri -> bintang pilih software info. sekarang cara mengUnlock hp SE sobat. pertama download dulu aplikasinya XS++ 3.2.rar ekstrack file tersebut menjadi XS++ 3.2.exe dan install di pc sobat. jangan lupa juga install usb flash drivernya. USB flash driver.zip setelah kedua aplikasi tersebut terinstall, siapkan kab